Monday, September 9, 2019

Mengapa Windows Phone Gagal Bersaing?

Bagi mereka yang mengikuti perkembangan windows phone pasti mengetahui betapa sulit produk ini untuk bersaing dengan produk dari apple atau google. Sampai-sampai microsoft sendiri memberhentikan dukungan kepada sistem operasi besutannya itu. Mandeknya perjalanan windows phone ini dalam bersaing dengan para kompetitornya bukanlah tanpa sebab. Ada beberapa sebab yang membuat windows phone gagal. Jadi, apa saja sebabnya?. Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Windows Phone Gagal Bersaing?
Windows Phone


1. Meremehkan Kompetitor

Microsoft sempat meremehkan kompetitor terdekatnya yaitu google. Microsoft beranggapan bahwa google masih baru di sistem operasi ini. Meremehkan kompetitor mungkin menjadi salah satu kesalahan terbesar microsoft, soalnya google sendiri memiliki layanan yang lengkap. Ketika google mulai menarik dukungannya pada layanan seperti youtube, gmail, google maps, windows phone justru terkesan tidak berharga.

2. Reputasi Microsoft

Banyak anak muda saat ini tidak menyukai microsoft karena mereka beranggapan microsoft terlalu dominan dalam dua dekade terakhir. Mereka lebih memilih untuk membuat startup untuk membuat platformnya sendiri.

3. Kekurangan Aplikasi Menarik

Alasan lainnya adalah karena windows phone kekurangan aplikasi menarik, berbeda dengan ios yang memiliki banyak aplikasi eksklusif dan android dengan banyaknya developer yang bersedia memasang aplikasinya di google play store. Windows phone bisa dikatakan sangat kekurangan dalam hal ini. Belum lagi, dukungan layanan google seperti youtube, gmail, dan google maps ditarik oleh google.

4. Dominasi Android dan iOS

Pada beberapa tahun sebelumnya, orang-orang mulai terbagi menjadi dua kubu yaitu kubu android dan apple. Sampai hari ini pun dua platform tersebut masih mendominasi.

Windows phone dengan fitur baru pun seperti tidak mempengaruhi konsumen untuk membeli karena reputasi windows phone sudah buruk sejak masa lalu.

5. Tidak fleksibel

Microsoft sepertinya tidak memberikan ruang dalam hal fleksibelitas pada windows phone. Akibatnya pengguna tidak bisa bebas mengutak-atik windows phone mereka. Berbeda dengan android yang memperbolehkan hal ini, pengguna android bisa mengutak-atik sistemnya sesuka hati mereka.

Penutup


Bagaimana menurutmu? Apakah windows phone pantas gagal atau bisa berbicara banyak jika konsumen memberikan mereka waktu? Silahkan tuliskan komentarmu dibawah. 

Oke itu saja untuk artikel kali ini yang berjudul mengapa windows phone gagal?. Semoga bermanfaat, terimakasih.





EmoticonEmoticon