Monday, November 4, 2019

Apa yang Seharusnya Dipelajari Oleh Pemula Pemrograman Web?

Kita tentunya sering mengunjungi situs-situs yang ada di internet seperti facebook, instagram, wikipedia, quora dan lain-lain. Situs-situs tersebut adalah beberapa dari ribuan situs yang terdapat di internet. Situs tersebut tentunya dibuat oleh programmer atau pemrogram. Apa itu programmer? sederhananya, programmer adalah orang yang memiliki keahlian menulis kode atau merancang program-program.

Makin kesini, makin banyak yang ingin menjadi seorang programmer. Alasannya karena ingin membuat website dan sebagainya. Jadi, bagaimana caranya? caranya ya belajar hal-hal dasar lebih dahulu. oke saya perjelas, apa yang seharusnya dipelajari oleh pemula pemrograman web? berikut penjelasannya.

Apa yang Seharusnya Dipelajari Oleh Pemula Pemrograman Web?
Pemrograman


HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup yang biasanya dipakai untuk membuat halaman web. HTML sendiri bukanlah bahasa pemrograman melainkan bahasa markup. Jadi, salah jika menganggap HTML adalah bahasa pemrograman seperti PHP dan yang lainnya. HTML ini ibarat kerangka atau struktur yang menopang website yang kalian buat. Tanpa bahasa ini, kalian juga tidak bisa menampilkan informasi atau konten pada website. Teman dekat HTML adalah CSS yang mana akan kita bahas selanjutnya. Nah, inilah yang harus dipelajari pertama kali ketika ingin belajar tentang pemrograman web karena HTML akan selalu dipakai pada web yang akan kalian buat nantinya.

CSS

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan aturan yang mengatur beberapa komponen dalam sebuah web agar lebih terstruktur dan seragam atau saya sederhanakan saja yaitu untuk mempercantik website. Paham? yaudah paham hehe. Sama seperti HTML, CSS juga bukan bahasa pemrograman. CSS sendiri bisa mengatur beberapa Style seperti mengatur ukuran gambar, ukuran huruf, warna huruf, mengatur jarak table, mengatur spasi dan lain sebagainya. Jadi, jika ada CSS sudah pasti ada HTML. Pelajari CSS jika memang sudah paham tentang HTML.

PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server. PHP sendiri sering digunakan untuk membuat website yang dinamis seperti contoh CMS berupa blogger, wordpress dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang programmer, setidaknya harus menguasai satu bahasa pemrograman seperti contohnya PHP ini. Bahasa pemrograman ini bisa disisipkan ke HTML, misalnya ada form login, form tersebut dibuat dengan HTML dan dipercantik tampilannya oleh CSS lalu yang memproses input dari form tersebut adalah PHP itu sendiri. Sampai disini paham kan? Jadi, setelah belajar apa itu HTML dan CSS, ada baiknya langsung belajar bahasa PHP.

Jadi, sekarang bagaimana?

Ya, setelah kamu punya basic HTML, CSS, dan PHP, kamu bisa memulai buat kodingan-kodingan yang sederhana. Misalnya belajar dulu membuat form menggunakan HTML terus perbaiki tampilannya dengan CSS atau buat website portfolio dari awal menggunakan HTML dan CSS. Jika ingin website kalian lebih dinamis, mungkin saatnya menulis kode php, jangan buat program yang rumit dulu, mulai saja dengan membuat kalkulator sederhana, to do list app dan lain sebagainya. Intinya jangan belajar aja, praktek juga dibutuhkan. Nanti, seiring kalian menulis kode-kode tersebut, akan ada banyak hal yang kalian pelajari.

Penutup

Oke itu saja untuk artikel yang berjudul apa yang seharusnya dipelajari oleh pemula pemrograman web?. Semoga bermanfaat bagi semuanya dan jangan lupa ikuti terus blog ini agar tidak kelewatan artikel-artikel menarik lainnya, terimakasih.


EmoticonEmoticon